Cari Blog Ini

Jumat, 01 Januari 2010

budidaya lele sangkuriang akhir akhir ini mulai banyak diminati. mulai dari pensiunan jendral, bos BUMN, pensiunan sampai dengan pemula. mengapa ? 
ada 2 jawaban :
1. relatif mudah dikembangkan
2. permintaan yang cukup besar di wilayah JABOTABEK sendiri.

permasalahan yang timbul biasanya adalah pengadaan dan pengolahan lahan, angka kematian bibit yang tinggi dan ongkos pakan yang tinggi. bagi pemula disarankan memulai dengan bibit yang dalam jumlah sedikit dulu seperti 1000 ekor dan pelajari step-step mulai dari pembesaran (pemeliharaan) sampai dengan pemasaran.
jika bisa melewati masa kematian bibit yang kadang cukup tinggi, masalah selanjutnya adalah biaya pakan yang tinggi. angka kematian yang tinggi bisa di minimalisir dengan memahami cara ternak yang benar. untuk informasi mengenai cara ternak yang benar bisa dicari melalui buku2 atau internet atau datang langsung ke peternak yang sudah sukses.

media pemeliharaan ada 3 macam yaitu: kolam semen, kolam tanah dan terpal.
masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. menurut saya yang paling sederhana adalah yang menggunakan kolam terpal. kendalanya jika pengolahan air tidak baik maka bibit akan banyak mati. kolam tanah memiliki keunggulan angka kematian yang rendah hanya saja perlu pemeliharaan yang intensif. kolam tembok juga baik tetapi biaya pembuatannya paling tinggi.

--to be continue--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar